Sunday, 1 January 2012

Olive: Film Independen Pertama Yang Direkam Hanya Menggunakan Kamera HP


Teknologi memang mampu membuat segalanya jadi serba mungkin dan mudah. Dulu, kemampuan kamera hp untuk merekam gambar sangat-sangat terbatas. Sedangkan sekarang, adalah sebuah masa dimana kamera hp mengambil porsi kamera saku dan camcorder. Dan kini, seorang produsen dan sutradara film indie dari San Francisco, Hooman Khallili, akan membawanya bahkan lebih jauh.
Dalam mengerjakan sebuah film yang berjudul Olive, Khallili hanya akan menggunakan kamera hp dari Nokia N8 yang dipadukan dengan lensa 35-mm yang sudah dimodifikasi. Untuk membantu pengambilan gambar yang lebih luas dan variatif, ia juga memasang hp tersebut ke RC Helikopter dan sepeda motor.

Olive, Behind the scene
Film ini bercerita mengenai seputar kehidupan gadis kecil bernama Olive, yang tanpa mengatakan sepatah katapun berhasil merubah kehidupan orang-orang di sekitarnya.
Olive akan dibintangi oleh Gena Rowlands, John Scurti, Chris Maher, dan Ruby Alexander. Beberapa orang yang ikut membantu proyek ini diantaranya Ben Lear, Skywalker dan kakak perempuan Mark Zuckerberg (yup, pendiri Facebook), Randi Zuckerberg.
Keistimewaan lain film ini adalah karena sistem pendanaannya yang akan diambil dari sumbangan pada donatur di kickstarter. Dana ini nantinya akan digunakan untuk pendistribusian film.
"Tujuan film ini adalah selain untuk menjadikannya film (serius) pertama yang direkam hanya menggunakan sebuah hp, juga untuk menjadikannya sebagai film pertama yang didanai secara independent untuk disiarkan ke 2000+ jaringan teater di seluruh Amerika Serikat tanpa dibantu oleh studio besar."
Karena film ini sementara hanya disiarkan di Amrik, rasanya bakalan susah mendapat dana dari penduduk negara lain seperti negara kita. Tapi jika kamu mendukung idealisme sang produser,menyumbangkan $1 atau $10 bukanlah hal yang terlalu berat.
Kamu bisa melihat trailer serta penjelasan langsung dari produsernya di video berikut:



I haven’t watched the film, only a video of the first five minutes. And I must say that I’m impressed. Olive is by all means a film of Hollywood quality. It tells the story of a 10-year-old girl who is from another world, and doesn’t seem to speak a word. Not initially, at least. She arrives on Earth and plays an important part in the lives of three people – an obese man, an old and bitter woman, and a foreigner adjusting to life in the US – transforming them for the better. Golden Globe award-winning actress Gena Rowlands plays the role of the old woman. Making a cameo appearance in the film is Randi Zuckerberg, former Head of Communications at Facebook. Interesting, how many ex-Facebook-ers are involved in the project.

Post a Comment