Monday, 23 February 2015

Cara download jurnal berbayar secara gratis

Mungkin teman-teman mahasiswa seringkali direpotkan dalam mencari tugas-tugas berupa jurnal. Kebanyakan jurnal "bagus" justru berbayar dan kita jadi sulit untuk mendapatkan jurnal tersebut. Alangkah beruntungnya jika di perpustakaan kampus Anda menyediakan langganan jurnal berbayar tersebut, biasanya ini ada di universitas-universitas besar. Namun, bagaimana dengan mahasiswa yang kampusnya tidak menyediakan layanan tersebut?
Nah, pada kesempatan ini saya akan coba membagi tips kepada teman-teman semua untuk mendapatkan jurnal berbayar yang diinginkan tersebut.

Cara pertama, searching di google dengan mengetikkan judul jurnal ditambah akhiran ".pdf".
Misal, judul jurnalnya adalah "neuroprotection in glaucoma" menjadi "neuroprotection in glaucoma.pdf"
Jika Anda beruntung maka jurnal tersebut akan muncul dalam bentuk .pdf pada layanan search engine google. Perlu diperhatikan disini, saya hanya menyarankan menggunakan google dan tidak menjamin hasilnya akan sama jika Anda menggunakan search engine lainnya, seperti bing, ask dan lainnya.

Atau cara kedua jika dengan google Anda masih belum bisa menemukan jurnal tersebut secara gratis maka carilah login username dan password milik orang berhati baik yang mau membagikannya di internet. Bingung?
Jadi, misal Anda menginginkan sebuah jurnal di Wiley online library, maka Anda harus login terlebih dahulu untuk men-download-nya. Namun, bagaimana jika tidak memiliki account di Wiley yang harus membayar itu?
Anda hanya perlu searching "wiley login password free" atau "wiley username password free". Perlu diperhatikan disini bahwa Anda harus segera log out setelah memanfaatkan account gratis ini agar account ini tidak terblokir. Setidaknya, ini cara kita untuk berterima kasih pada sang penyedia account secara cuma-cuma ini.

Dan, cara terakhir adalah melalui sebuah website yang beralamat di "http://gen.lib.rus.ec/scimag"
Setelah Anda membuka situs ini, masukkan nomor doi yang dimiliki setiap jurnal pada kolom doi, kemudian klik tombol search.



Kemudian akan muncul jurnal yang diinginkan dan Anda tinggal klik untuk men-download-nya.

Misal, saya ingin mencari sebuah jurnal yang berjudul "Factors Affecting Visual Acuity after Cataract Surgery in Patients with Retinitis Pigmentosa."
Saya menemukan jurnal ini di NCBI namun tidak menemukan jurnal dalam bentuk full-text di google.




Maka, saya membuka situs libgen dan memasukkan nomor doi jurnal tersebut, klik tombol search. (Nomor doi yang di-highlight kuning pada gambar contoh.)

Muncullah tampilan seperti berikut.


Kemudian, klik link nomor doi yang berwarna biru (ditunjuk panah merah pada gambar contoh). File jurnal berbentuk pdf akan segera ter-download.


Menurut pengalaman saya, tidak semua jurnal dapat diakses melalui situs ini khususnya jurnal-jurnal terbaru. (Misal, jurnal yang baru terbit bulan ini tentu saja belum bisa diunduh melalui situs ini, minimal berjarak sebulan hingga setahun dari pertama kali jurnal tersebut terbit.)

Selamat mencoba.

Mohon cantumkan sumber jika Anda copas artikel ini. Terima kasih.



PS: Teman-teman yang pernah kuliah pasti punya cerita tentang pengalaman semasa jadi mahasiswa (mau diploma, sarjana-doktor pun boleh). Oleh karena itu, silahkan yang bersedia berbagi cerita tentang jurusannya dan mengapa kamu merekomendasikan/tidak merekomendasikan adik-adik (yang masih galau mau milih jurusan apa) untuk mengikuti/tidak mengikuti jejak kalian. 
Silahkan tulis di kolom komentar atau shout box atau email langsung ke saya (abigail.4869@gmail.com).
Terima kasih banyak....

(Saya ingin membuat artikel yang menurut saya penting ini namun saya sendiri belum dan tidak mungkin akan mencicipi semua jurusan yang ada di bangku kuliah jadi saya minta tolong kepada teman-teman sekalian :D)


Post a Comment