Wednesday, 2 March 2016

Beragam Trik Mencari Referensi Skripsi, Tesis dan Disertasi

Tiap tahunnya ribuan mahasiswa berkutat dengan proyek penelitian akhir untuk menyelesaikan studi. Namun, seringkali kita kesulitan dalam mencari referensi ilmiah yang mendukung penelitian tersebut. Untuk itu, kali ini saya akan mencoba membagikan sedikit tips untuk mencari referensi khususnya jurnal ilmiah di dunia maya.

Cara pertama tentu saja lewat google.com
Ketik saja kata kunci yang ingin kita cari. Misal, pada contoh berikut saya ingin mencari jurnal mengenai "carbonate reservoir". 


Namun, seringkali kita tidak menemukan apa yang kita cari. Oleh karena itu kita bisa menambahkan kata "journal" atau "journal pdf". Silahkan lihat perbedaannya. 

Lumayan signifikan bukan?


Cara yang paling banyak digunakan oleh para akademisi umumnya adalah lewat google cendikia atau google scholar. (scholar.google.com) Di dalam web ini kita bisa juga mengatur mulai dari tahun berapa kita menginginkan jurnal yang kita cari tersebut. Namun, tidak hanya jurnal, tapi buku juga bisa ikut tercantum dalam penelusuran ini.

Atau, cara lainnya melalui Wiley online library (http://onlinelibrary.wiley.com). Mirip dengan google scholar namun hanya berisikan jurnal-jurnal. Umumnya memang berbayar, namun jika ingin mendownload, silahkan baca caranya di post saya yang lainnya.



Satu cara lainnya adalah menelusuri daftar pustaka dari jurnal yang sudah kitatemukan. Mungkin di antaranya ada yang pas dengan materi yang sedang kita cari. Misalkan, saya mencari dari sebuah jurnal berikut.


Kemudian, saya menelusuri daftar pustakanya. Nah, saya bisa mendapat tambahan 9 referensi lainnya yang bisa saya cari full textnya di google.



Sekian trik-trik dari saya untuk mencari referensi jurnal ilmiah. Semoga membantu.


Mohon cantumkan sumber jika Anda copas artikel ini. Terima kasih.

Post a Comment