Saturday, 9 June 2012

QED


Q.E.D. adalah singkatan dari frasa Latin Quod Erat Demonstrandum yang berarti "yang sudah dibuktikan" atau "yang sudah terbukti". Frasa ini ditulis dalam bentuk singkatan (Q.E.D.) pada akhir dari pembuktian matematika atau argumen filosofi sebagai pernyataan terakhir dari sesuatu yang telah dibuktikan. Singkatnya, singkatan ini menandai akhir dari suatu pembuktian.
Dalam bahasa Yunani, frasa ini ditulis sebagai ὅπερ ἔδει δεῖξαι (hoper edei deixai, disingkat ΟΕΔ). Frase ini sering digunakan oleh ahli matematika terdahulu seperti Euklides dan Archimedes. Pada masa Renaisans Eropa, para sarjana sering menulis dalam bahasa Latin dan frasa seperti Q.E.D. sering digunakan untuk melengkapi suatu pembuktian. Frasa Latin lain yang mempunyai arti kurang lebih sama dengan Q.E.D. namun jarang digunakan adalah Q.E.F. yang merupakan singkatan dari Quod Erat Faciendum yang berarti "yang sudah dilakukan". Frasa ini jika ditulis dalam bahasa Yunani adalah ὅπερ ἔδει ποιῆσαι (hoper edei poiēsai).
Q.E.D. telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, antara lain bahasa PerancisJermanItaliaPortugis, dan Rusia. Dalam bahasa Perancis, frasa ini ditulis C.Q.F.D. singkatan dari Ce Qu'il Fallait Démontrer (atau kadang-kadang ditulis Ce Qui Finit la Démonstration). Dalam bahasa Jerman, frasa ini ditulis W.Z.B.W. singkatan dari Was Zu Beweisen War. Dalam bahasa Italia, ditulisC.V.D. singkatan dari Come Volevasi Dimostrare. Dalam bahasa Portugal, ditulis C.Q.D. singkatan dari Como Queríamos Demonstrar. Adapun dalam bahasa Rusia, ditulis ч.т.д. singkatan dariчто и требовалось доказать.

Itulah sekilas mengenai QED, judul film yang akan sedikit dibahas kali ini. Selama ini hanya ketemu komiknya yang bertaburan di toko-toko buku, ternyata ada doramanya juga. Ceritanya mirip detektif Conan dengan tokoh utama Sou Touma dan Mizuhara Kana, yang tentu saja tidak ada tokoh yang mengecil disini. Touma merupakan murid pindahan yang ternyata sudah lulus dari MIT namun entah mengapa melanjtukan SMA di Jepang. Ia pertama kali bertemu Kana yang lupa kombinasi lokernya sehingga Touma pun terpaksa membantunya dengan trik cerdasnya. Kana merupakan anak seorang polisi sehingga mereka mudah terhubung dengan kasus-kasus. Dorama ini terdiri dari 10 series.
Ini versi orang.



Ini versi manga.


Bagi yang ingin tahu lebih lanjut, silahkan comment. Arigatou gozaimasu.
Post a Comment